Wednesday 21 August 2013

Ust. Solmed

Bingung baca berita kasus antara Ust. Solmed dan Thoriqul Janah. Ngakunya dakwah, kok malah saling menuduh matre kepada pihak lain. 
Beginilah kalau dakwah terlalu dipaksakan. Ketika terbentur masalah finansial, ahirnya pengajian pake pasang tarif. Memalukan.

Menurut saya jika memang Ust. Solmed dan Ustadzah Kholifah tidak matre, seharusnya keduanya tidak saling menuduh sebagai da'i matre. Kalau sudah saling menuduh begitu, maka siapun tahu bahwa keduanya sama-matre matre.

Tidak pantas Ust. Sholmed mengungkit-ungkit masalah tiket yang di jual oleh Thoriqul Janah. Sebab, bagaimanapun juga yang namanya pengajian butuh biayah. Hongkong bukan Indonesia. Di Indonesia dana pengajian ditanggung bersama dengan cara menarik iuran sebelum pengajian. Jadi tidak perlu menjual tiket.

Berbeda dengan Hongkong. Di Hongkong penarikan iuran adalah dengan cara menjual tiket. Saya rasa penjualan tiket itu sama sekali tidak menunjukan matrialitis. Melainkan sebentuk kerja sama antara panitia dan jama'ah seperti yang terjadi di Indonesia. Bedanya hanya pada cara penarikan iuran. Di Hongkong menggunakan media tiket sedangkan di Indonesia tidak menggunakan media tiket.

Ustadzah Kholifah juga tidak perlu menuduh Ust. Solmed sebagai dai yang matre. Sebab segala apa yang diminta kepada panitia seperti honor sekian juta, hotel berbintang, mobil jemputan dan lain-lain, saya kira semua itu bukan dari pribadi Ust. Solmed. Melainkan dari pihak menegemen.

Oleh karena itulah tidak seharusnya kita saling menyalahkan dan menuduh satu sama lain sebagai materialis. Tidak ada dai yang materialistic. Jika pun ada, maka ia tidak pantas menjadi dai.


Ahirnya yang salah bukan Ust. Solmed maupun Ustadzah Kholifah. Yang salah adalah mereka yang mencari uang dengan mengatasnamakan agama. Saya tidak tahu siapa mereka, mungkin pihak menegemen dan mungkin pihak seponsor. Namun yang jelas, Uts. Solmed dan Ustazdah Kholifah bukan dai yang materialistik.

No comments:

Post a Comment



 
Support : Qosim Ibn Aly | Islamic Defenders Community
Copyright © 2013. Golek Surgo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Aliy Faizal
Proudly powered by Blogger