Friday 17 January 2014

Bolehkah Merayakan Hari Ulang Tahun?



Seorang member Wahhabiy berakun Fatima Az-Zahra sekitar 10 jam lalu menulis sebuah status, begini: PERAYAAN ULANG TAHUN.. SALAH SATU PENGAMALAN INJIL MARKUS PASAL 6 AYAT 21-22.

Kemudian, diahir statusnya ia mengatakan merayakan ulang tahun bukanlah cara hidup orang Islam, melainkan cara hidup orang Nashrani. Bahkan ia menyebut orang yang merayakan maulid nabi sebagai orang jahil.

Mari kita lihat Fatwa Ulama Senior Kerajaan Saudi Arabia yang bernama Syaikh Dr. Qais Husni Mubarok. Katanya: Tidak ada masalah bagi umat Islam untuk mengadakan perkumpulan memperingati suatu peristiwa yang dipandang boleh di dalam agama dengan syarat bahwa kegiatan itu tidak diyakini sebagai bagian dari syiar Islam.

وقال المبارك «هناك احتفالات مباحة مثل مناسبة نجاح الشخص أو نجاح أحد أولاده، أو الحصول على شهادة، أو التخرُّج في الجامعة أو بمناسبة مرور عامٍ أو أعوام على ولادته أو ولادة عزيزٍ عليه، أو غيرها من المناسبات، على ألا يعتقد أن هذه المناسبات سنة مندوبة أو شعيرة إسلامية، وكذلك لا حرج في تخصيص يوم كل عام أو كل شهر أو يومياً أو أقلَّ أو أكثر، لقراءة درس في الفقه أو في الحديث أو في السيرة أو الشمائل النبوية أو في أي علم من العلوم

Artinya: Al-Mubarak mengatakan bahwa selama ini masyarakat selalu mengadakan acara terkait dengan peristiwa kesuksesan seseorang atau keberhasilan salah seorang anak meraih gelar sarjana (menyelesaikan pendidikan), atau berkaitan dengan ulang tahun atau peristiwa-peristiwa lainnya.

Patokan yang digunakan bahwa perkumpulan seperti itu dibolehkan adalah tidak meyakini bahwa keterkaitan itu adalah bagian dari sunnah yang dianjurkan atau termasuk ke dalam syiar Islam.

Demikian pula halnya, tidak ada halangan untuk mengkhususkan satu hari di dalam satu tahun atau satu bulan atau keseharian untuk mempelajari fikih, hadits, sejarah atau keagungan Nabi Muhammad atau ilmu-ilmu agama lainnya.



Qosim Ibn Aly Membantah Wahabi berkata: Ternyata member wahhabi lebih gemar membaca injil ketimbang membaca fatwa ulamanya sendiri. Maka sepatutnya kita ajukan pertanyaan, Siapa yang jahil? Member wahhabi yang melarang merayakan ulang tahun ataukah ulama senior saudi yang memperbolehkannya? 

No comments:

Post a Comment



 
Support : Qosim Ibn Aly | Islamic Defenders Community
Copyright © 2013. Golek Surgo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Aliy Faizal
Proudly powered by Blogger