Tuesday 23 July 2013

Apakah Memasukan Handset Ke Telinga Membatalkan Puasa?

Menunggu waktu berbuka dengan mendengarkan tartil AL-Quran atau nasyid adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika mendengarkannya menggunakan handset. Rasanya dunia seperti milik sendiri. Yang lain ngontrak kale, hehehe…

Akan tetapi yang jadi masalah adalah bagaimana dengan puasa kita? Bukan kah kita tidak boleh memasukan sesuatu kedalam telinga?

Salah satu teman kita, Mas Alan Momo yang memiliki hobi mendengarkan tartil Quran dengan menggunakan handset menanyakan masalah tersebut. 

Mari kita simak pertanyaannya sebagai berikut:
AlanMomo AgungSaputra:  ana mau tanya nih bib,, yang membatalkan puasa. Bila lagi puasa, memasukan hendset kedalam telinga? Apakah itu termasuk membatalkan puasa? (hendsetnya masuk kedalam lubang telinga).

Jawab:

Puasanya tidak batal jika handset yang dipasang tidak mencapai batin telinga. Adapun yang disebut bathin telinga adalah daerah sekitar gendang telinga. Ketika menjelaskan masalah Bathin telinga, Syekh Sa’id Bin Muhammad Ba’asyan dalam kitab mengatakan:

(كباطن الأذن ) وهو ما وراء المنطبق
Terjemahan bebasnya: (Seperti bathin telinga). Yang dimaksud bathin telinga adalah daerah dibelakang sesuatu yang menutup. (Busyro Karim Juz 2 Hlm 69/ Juz 1 hlm 549, Fersi Syamilah 57 GB)


Dalam kamus Munawir hlm 839, Al-Munthobiq diartikan tertutup. Daerah yang berada dibelakang sesuatu yang tertutup adalah gendang telinga. Jadi jika handset atau yang sejenisnya masuk ke dalam telinga dan tidak mencapai gendang telinga maka ini tidak membatalkan puasa. Wallohu a’lam. 

4 comments:

  1. Kalo yang didengar lagu2 tapi bukan alquran batal atau makruh atau gimana?

    ReplyDelete
  2. Headset lagu harus baik misalnya religi ya

    ReplyDelete
  3. Kalo sambil main game boleh ngak ya atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh boleh aja. Karena disini yg dibicarakan adalah headset nya, bukan suara yg dikeluarkan oleh headset

      Delete



 
Support : Qosim Ibn Aly | Islamic Defenders Community
Copyright © 2013. Golek Surgo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Aliy Faizal
Proudly powered by Blogger