Monday 24 June 2013

Dalil Memperingati Nisfu Sya'ban dan Amalannya

Dalam sebuah status seekor member wahabi berakun Rahmah Khalik menulis: " Nisfu Sya'ban Adalah Bid'ah Bukan Sunnah "Barangsiapa mengerjakan suatu amalan (dalam agama) yang tidak kami perintahkan, maka ia tertolak."

Silahkan cek di 

========================

Tanggapan saya:

Dalil keutamaan nisfi sya'ban adalah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad4, dari sahabat Abdullah Ibnu ‘Amr :


عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ((إن الله ليطلع إلى خلقه ليلة النصف من شعبان، فيغفر لعباده، إلا اثنين؛ مشاحن، أو قاتل نفس((

Dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, beliau bersabda: “Sungguh Allah akan mengawasi hamba-hambanya di malam nishfu sya’ban, Allah akan mengampuni dosa seluruh manusia kecuali dua orang: orang yang sedang dalam pertengkaran dan pembunuh”

Ibnu Hibban juga meriwayatkan hadits ini dalam Shahih Ibnu Hibban, dari sahabat Mu’adz bin Jabal, secara marfu‘.


Oleh karena itu, Dalam menyambut nisfu sya'ban, aswaja melakukan berbagai ibadah seperti puasa dan sholat. Dalil puasa adalah hadits hasan dari Usamah bin Zaid, beliau bertanya,

يَا رَسُولَ اللَّهِ، لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ


“Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat anda berpuasa dalam satu bulan sebagaimana anda berpuasa di bulan Sya’ban?”
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa.’” (HR. An Nasa’i 2357, Ahmad 21753, Ibnu Abi Syaibah 9765 dan Syuaib Al-Arnauth menilai ‘Sanadnya hasan’).

Dalil sholat pada nisfu sya'ban.


جامع الأحاديث - (ج 3 / ص 483)

2621-
إذا كان ليلةُ النصفِ من شعبانَ فقومُوا ليلتَها وصومُوا يومَها فإنَّ اللهَ ينزلُ فيها لغروبِ الشمسِ إلى سماءِ الدنيا فيقولُ ألا مستغفرٌ فأغفرَ له ألا مسترزقٌ فأرزقَه ألا مُبْتلًى فأعافيَه ألا سائلٌ فأعطيَه ألا كذا ألا كذا حتى يطلعَ الفجرُ (ابن ماجه ، والبيهقى فى شعب الإيمان عن على)


Nabi nyuruh kita sholat di malam nisfu sya'ban.


Pertanyaan buat wahabi:

1. Apakah semua itu bid'ah?


2. Jika kalian mengatakan kegiatan kami sebagai sesuatu yg sesat, lalu apa amalan kalian untuk menyambut bulan yang dipenuhi dengan ampunan tersebut? 

No comments:

Post a Comment



 
Support : Qosim Ibn Aly | Islamic Defenders Community
Copyright © 2013. Golek Surgo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Aliy Faizal
Proudly powered by Blogger