Wednesday 5 February 2014

Pengertian Do'a

Menurut bahasa do'a berasal dari kata "da'a" artinya memanggil. Sedangkan menurut istilah syara' do'a berarti memohon atau meminta suatu yang bersifat baik kepada Allah SWT seperti meminta keselamatan hidup, rizki yang halal dan keteguhan iman dan lain-lainnya atau memohon agar terhindar dari perkara yang tidak baik seperti memohon agar tidak terkena musibah dan lain-lainnya.
Berkali-kali Allah ta'ala memerintahkan hambaNya untuk berdo'a kepadaNya. Dalam firmanNya disebutkan :
اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً (الأعراف/7: 55)
Artinya: “Berdo'alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.” (TQS. Al-A'raf/7: 55)
          اُدْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ (غافر/40: 60)   
Artinya: "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. (TQS. Ghaafir/40: 60)
Dalam sabdanya Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan bahwa do'a adalah senjatanya orang mukmin, tiang agama dan cahaya langit dan bumi.

قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الدُّعَاءُ سِلاَحُ الْمُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّيْنِ وَنُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ (رواه الحاكم)
Artinya: “Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Do'a adalah pedang orang mukmin, tiang agama dan cahaya langit dan bumi”. (HR. Imam Hakim).
Dalam Al-Quran banyak sekali kata-kata do'a mengandung pengertian yang bebeda. Dalam 'ulumul qur'an hal ini dinamakan dengan al-Wujuuh wa an-Nadhaiir, yaitu satu lafadz yang mempunyai pengertian dan makna yang berbeda-beda. Imam Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitabnya al-Itqon 1: 144, menjelaskan beberapa pengertian dari kata do'a.
Pertama, do'a dalam pengertian "Ibadah." Seperti dalam Al-Quran surah Yûnûs ayat 106.
        وَلاَ تَدْعُ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لاَ يَنْفَعُكَ وَلاَ يَضُرُّكَ (يونس/10: 106)
Artinya: "Dan janganlah kamu beribadah, kepada selain Allah, yaitu kepada sesuatu yang tidak dapat mendatangkan manfaat kepada engkau dan tidak pula mendatangkan madarat kepada engkau." (TQS. Yunus/10: 106).
Maksud kata berdo'a di atas adalah ber-"ibadah" (menyembah). Maksudnya janganla kamu menyembah pada selain Allah ta'ala yang apabila kamu menyembahnya maka ia tidak bisa memberi manfaat kepadamu begitu juga kala kamu tidak menyembahnya, ia tidak akan bisa mendatangkan madharat kepadamu. (tafsir al-Qurtubi).
Kedua, doa dalam pengertian "al-Isti'anah" (memohon bantuan dan pertolongan). Seperti dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 23 dibawah ini.
        وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ (البقرة/2: 23)
Artinya: "Dan berdo'alah kamu (mintalah bantuan) kepada orang-orang yang dapat membantumu."
Maksud kata ber-"doa" (wad'u) dalam ayat ini, adalah "al-Isti'anah" (meminta bantuan, atau pertolongan). Artinya mintalah bantuan atau pertolongan dari orang yang kamu temui dari ulama-ulamamu. (tafsir al-Qurtubi).
Ketiga, Doa dalam pengertian "permintaan" atau "permohonan." Seperti dalam Al-Quran surah Ghafir ayat 60 dibawah ini.
          ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ (غافر/40: 60)
Artinya: "Berdo'alah (memintalah) kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.(TQS. Ghafir/40: 60)
Maksud kata "Doa" (ud'ûnî) dalam ayat ini adalah, "memohon" atau "meminta." Yaitu, mohonlah (mintalah) kepada Aku (Allah) nisscaya Aku (Allah) akan perkenankan permohonan (permintaan) kamu itu.
Ayat ini adalah wujud dari Maha lembutnya Allah ta'ala serta nikmatNya yang agung kepada hambaNya. Karena Dia memanggil mereka (umatNya) munuju kepada kebaikan agama dan dunia mereka, yaitu dengan memerintahkan kepada mereka untuk ber"do'a" (beribadah atau meminta ) kepadaNya. (tafsir as-Sya'di).
Keempat, Doa dalam pengertian "percakapan". Seperti dalam Al-Quran surah Yûnûs ayat 10 dibawah ini.
دَعْوَاهُمْ فِيهَا سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلَامٌ وَآَخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (يونس/10: 10)
Artinya: “Do'a  (percakapan) mereka di dalamnya ialah: "Subhanakallahumma" (Maha suci Engkau wahai Tuhan)  , dan salam penghormatan mereka ialah: "Salam" . Dan penutup  do'a mereka ialah: "Alhamdulilaahi Rabbil 'aalamin" (segala puji bagi Allah seru sekalian alam). (TQS. Yunus/10: 10)
         
Maksud kata "da'waahum" adalah perkataan dan percakapan mereka. Kalimat ini adalah pensucian, Allah ta'ala suci dari segala kejelekan. (tafsir al-Baghawi).
Kelima, Doa dalam pengertian "memanggil." Seperti firman Allah dalam Al-Quran dibawah ini.
يَوْمَ يَدْعُوكُمْ (الإسراء/17: 52)
Artinya: “Yaitu pada hari Dia mendo'a (memanggil) kamu”. (TQS. Al-Israa/17: 52)
Maksud kata "doa" (yad'û) dalam ayat ini adalah "memanggil." Yaitu, pada hari, dimana Allah ta'ala menyeru (memanggil) kamu dari kubur dengan lisannya Israfil. (tafsir al-Jalalain).
Ke lima, Do'a dalam pengertian "panggilan" seperti firman Allah dalam surat an-Nuur ayat 63:
لاَ تَجْعَلُوا دُعَاءَ الرَّسُولِ بَيْنَكُمْ كَدُعَاءِ بَعْضِكُمْ بَعْضًا (النور/24: 63)
Artinya: “Janganlah kamu jadikan do'a (panggilan) Rasul diantara kamu seperti do'a (panggilan) sebahagian kamu kepada sebahagian.”  (TQS. An-Nuur/24: 63)

Maka atas dasar uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa do'a dapat juga diartikan dengan ucapan permohonan dan pujian kepada Allah SWT. dengan cara-cara tertentu disertai kerendahan hati untuk mendapatkan kemaslahatan dan kebaikan yang ada disisi-Nya. Atau dengan istilah Al-Tîbî seperti dikutip Hasbi Al-Shidiq "do'a" adalah "Melahirkan kehinaan dan kerendahan diri serta menyatakan kehajatan (kebutuhan) dan ketundukan kepada Allah Swt."

No comments:

Post a Comment



 
Support : Qosim Ibn Aly | Islamic Defenders Community
Copyright © 2013. Golek Surgo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Aliy Faizal
Proudly powered by Blogger